iTELL Conference, iTELL Conference 2018

Font Size: 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA GENERASI Z DENGAN MEDIA GAME ONLINE “STOP DISASTERSâ€
Erah Apriyanti, Made Hery Santosa

Last modified: 2018-07-17

Abstract


Penelitiantindakan kelasini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat media game online ‘stopdisaster’ dalam meningkatkankemampuan memahami bacaan generasiZ terhadap teks ilmiah bertemakan bencana alam. Penelitian ini terdiri dari dua siklus Planning, Action, Observation dan Reflection. Tes pemahaman membaca dan kosakatadiberikan dan didalamidengan wawancara. Diketahuibahwa menggunakan online game untuk mengajar keterampilan membaca berdampak positif,dilihat dari peningkatan hasil tes siswa di siklus I (reratanilai kelas untuk pemahamanbacaan 75 dan kosakata53) dan siklusII (rerata nilai kelas untuk pemahamanbacaan 82 dan kosakata 93). Siswa sangat antusias mengakses teks ilmiah bencanaalam sebagai referensi mereka menyelesaikan game ‘StopDisaster’. Melalui game ini, siswa terlatih memahami kosakata,makna teks yang terdapatdidalam skenariodan instruksi game. Dapat disarankan bahwa media game online ini bisa digunakanuntuk meningkatkan pemahaman membaca siswa generasi Z yang sedang belajartema Natural Disasters.

Full Text: PDF: PAGE 69-75