Generative AI for Teaching Reading

Judul: Generative AI for Teaching Reading
Penulis: Neny Isharyanti, Francisca Maria Ivone, Grace Nathania Clara Sabandar, Yustinus Calvin Gai Mali
Penerbit: Perkumpulan Pengajar Bahasa Berbasis Teknologi Informasi (iTELL)
Jumlah Halaman: 86 Halaman
Ukuran: 15,5 cm x 23 cm
ISBN: Dalam proses pengajuan
Sinopsis: Buku AI for Reading: Generative Tools for Developing Literacy in Foreign Language Education membahas peran dan potensi kecerdasan buatan generatif (Generative AI) dalam pengajaran keterampilan membaca. Disusun dalam empat bab utama, buku ini memadukan teori literasi dan pembelajaran bahasa dengan praktik penggunaan AI dalam kegiatan membaca yang inovatif dan beretika. Bab pertama memperkenalkan relevansi AI dalam pendidikan modern serta menjelaskan kemampuan Generative AI dalam mendukung keterampilan membaca. Bab kedua menyajikan kerangka konseptual yang kuat, mencakup teori-teori utama seperti Schema TheoryInteractive Models of ReadingSociocultural TheoryDual Coding Theory, dan Multiliteracies Framework. Bab ketiga berfokus pada praktik—menyajikan kategori kegiatan membaca berbasis AI, mulai dari text summarizationcomprehension questionsinteractive learningmultimodal learning, hingga personalized learning. Bab terakhir menegaskan potensi transformatif AI dalam pengajaran membaca, mengajak guru untuk bereksperimen dan berinovasi, serta menyoroti isu-isu penting yang perlu diperhatikan agar penggunaan AI tetap berpihak pada pengembangan literasi kritis dan humanistik. Secara keseluruhan, buku ini ditujukan bagi dosen, guru bahasa, peneliti, dan calon pendidik yang ingin memahami secara komprehensif bagaimana AI dapat menjadi mitra pedagogis dalam membangun keterampilan membaca dan literasi di abad ke-21.