Generative AI for Teaching Reading

Judul: Generative AI for Teaching Reading
Penulis: Neny Isharyanti, Francisca Maria Ivone, Grace Nathania Clara Sabandar, Yustinus Calvin Gai Mali
Penerbit: Perkumpulan Pengajar Bahasa Berbasis Teknologi Informasi (iTELL)
Jumlah Halaman: 86 Halaman
Ukuran: 15,5 cm x 23 cm
ISBN: Dalam proses pengajuan
Sinopsis: Buku AI for Reading: Generative Tools for Developing Literacy in Foreign Language Education membahas peran dan potensi kecerdasan buatan generatif (Generative AI) dalam pengajaran keterampilan membaca. Disusun dalam empat bab utama, buku ini memadukan teori literasi dan pembelajaran bahasa dengan praktik penggunaan AI dalam kegiatan membaca yang inovatif dan beretika. Bab pertama memperkenalkan relevansi AI dalam pendidikan modern serta menjelaskan kemampuan Generative AI dalam mendukung keterampilan membaca. Bab kedua menyajikan kerangka konseptual yang kuat, mencakup teori-teori utama seperti Schema Theory, Interactive Models of Reading, Sociocultural Theory, Dual Coding Theory, dan Multiliteracies Framework. Bab ketiga berfokus pada praktik—menyajikan kategori kegiatan membaca berbasis AI, mulai dari text summarization, comprehension questions, interactive learning, multimodal learning, hingga personalized learning. Bab terakhir menegaskan potensi transformatif AI dalam pengajaran membaca, mengajak guru untuk bereksperimen dan berinovasi, serta menyoroti isu-isu penting yang perlu diperhatikan agar penggunaan AI tetap berpihak pada pengembangan literasi kritis dan humanistik. Secara keseluruhan, buku ini ditujukan bagi dosen, guru bahasa, peneliti, dan calon pendidik yang ingin memahami secara komprehensif bagaimana AI dapat menjadi mitra pedagogis dalam membangun keterampilan membaca dan literasi di abad ke-21.
Teaching Speaking with AI: A Collection of Lesson Ideas

Judul: Classroom Language Discourse Course Book
Penulis: Dian Toar Y.G., Sumakul, Joseph Ernest Mambu
Penerbit: Perkumpulan Pengajar Bahasa Berbasis Teknologi Informasi (iTELL)
Jumlah Halaman: 73 Halaman
Ukuran: 15,5 cm x 23 cm
ISBN: Dalam proses pengajuan
Sinopsis: Buku Classroom Language Discourse membantu calon guru bahasa Inggris memahami teori dan praktik penggunaan bahasa di kelas. Terdiri dari enam bab, buku ini menggabungkan teori tentang pembicaraan guru dan analisis interaksi kelas nyata, serta latihan untuk merefleksikan praktik pengajaran. Tujuan utama buku ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan bahasa Inggris, memberikan dasar teori penggunaan bahasa di kelas, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai pengajar. Buku ini juga mendorong pemikiran kritis, refleksi diri, dan pertumbuhan profesional.

Judul: Teaching Speaking with AI: A Collection of Lesson Ideas
Penulis: Gumawang Jati, Grace Sabandar, Made Hery Santosa, Finita Dewi, Daniel Ari Widhiatama, Yustinus Calvin Gai Mali, Shelia Anjarani, Neny Isharyati.
Penerbit: Perkumpulan Pengajar Bahasa Berbasis Teknologi Informasi (iTELL)
Jumlah Halaman: 79 Halaman
Ukuran: 15,5 cm x 23 cm
ISBN: 978-623-97558-1-2
Sinopsis: This book is designed to inspire English teachers to integrate artificial intelligence (AI) technology into the teaching of speaking skills. Through innovative and practical lesson ideas, this book explores how AI can be used as a dynamic tool to enhance interaction and communication in the classroom. From interactive dialogues with chatbots to personalized conversation simulations, each chapter provides step-by-step guidance on harnessing the potential of AI to create engaging and effective learning experiences, ensuring that students not only learn to speak English but also learn to speak with confidence
Teknologi dan Pembelajaran Bahasa Inggris (2021)
Rangkaian Cerita dari Ruang-Ruang Kelas di Tanah Borneo (2019)
